1.
Konsep Komunikasi di Dunia Maya
Dunia maya
Pada novel William Gibson
(1984/1994), neoromancer,
istilah dunia maya muncul pertama kalinya untuk merujuk pada jaringan informasi
luas yang oleh para penggunanya disebut dengan console cowboys akan muncul, atau koneksi langsung dengan
sistem-sistem syaraf mereka. Lalu ada sebuah konsep dikembangkan oleh Gibson
yang menyatakan bahwa dunia maya adalah realita yang terhubung secara global,
didukung komputer, berakses
komputer, multidimensi, artificial,
atau virtual. Di mana dalam hal ini komputer adalah sebuah jendela, terlihat
atau terdengar objek-objek yang bukan bersifat fisik dan bukan representasi
objek-objek fisik, namun lebih merupakan gaya, karakter, dan aksi pembuatan
data, pembuatan informasi murni.[1]
Realitas maya
Realitas maya (virtual reality, VR) merujuk pada
pemakaian komputer untuk
menstimulasikan sebuah pengalaman dengan cara yang sama dengan realita. Pada
jenis VR yang sering dipakai, seseorang memakai sarung tangan, earphone, dan goggles yang disambungkan dengan komputer. Rangsangan berubah
sesuai dengan gerakan orang itu, misalnya menggeleng-gelengkan kepala atau
gerakan-gerakan lainnya. Salah satu bentuk VR yang paling murni adalah
stimulator penerbangan yang dipakai untuk melatih para pilot.Komputer belum
memiliki kekuatan untuk mengirimkan sebuah pengalaman VR penuh. Tetapi, kita
sudah bisa mencicipi VR dengan sejumlah games komputer yang mengunakan
grafik-grafik realities atau program-program yang memungkinkan kita “bergerak”
melintasi ruang tiga dimensi.[1]
Komunitas maya
Pada buku The Virtual Community, karangan Howard Rheingold (1993)
menyebutkan beberapa manfaat ajang gaul elektronik, di dalamnya terdapat
informasi tentang peran-peran yang dapat dilakukan komunitas maya dalam
masyarakat. Komunitas maya adalah komunitas-komunitas yang lebih banyak muncul
di dunia komunikasi elektronik dari pada dunia nyata.
Orang-orang tinggal di seluruh penjuru dunia yang memiliki ketertarikan sama
dapat berkumpul untuk membicarakan dalam dunia
maya. Salah satu
bentuknya yang sedang digemari saat ini adalah twiter, facebook, path,
instragram dan masih banyak lainnya.[1]
2. Manfaat Virtual Reality (VR)
Manfaat Komunikasi Virtual
Sesuai dengan karakteristik dari dunia virtual sendiri,ada sejumlah manfaat
atau keuntungan berkomunikasi yang dilakukan secara virtual,diantaranya yaitu:
a. Cepat, komunikasi atau pertukaran informasi bisa dilakukan engan
cepat.Meskipun komunikasi dlakukan dalam kondisi jarak yang jauh,tidak perlu
menunggu waktu yang lama.
b. Mudah, apabila sudah menguasai teknis operasional komputer dan fasilitas
pendukung yang dibutuhkan,proses komunikasi bisa dilakukan dengan mudah
c. Komunikasi virtual bisa dilakukan secara real time juga un real time.Secara
real time maksudnya komunikasi dilakukan secara langsung,komunikator dan
komunikan berinteraksi pada waktu yang sama,tanpa penundaan waktu untuk memberi
respons atas pesan yang diterima(synchronus system).Sedangkan un real time
yaitu kebalikan dari yang real time,ada penundaan waktu respons atas
pesan-pesan yang disampaikannoleh para pihak yang berkomunikasi(ansychronus
system
d. Bisa individual atau grup.Komunikasi virtual bisa dilakukan baik secara one
to one,(satu orang dengan satu orang),maupun secara kelompok (group).
e. Jumlah dan jenis pesan bisa besar dan beragam.Keuntungan atau kelebihan lainnya
dari komunikasi virtual ini adalah jumlah pesan atau informasi yang disampaikan
bisa banyak dan dalam berbagai bentuk pesan:teks,suara,dan gambar.Atau bahkan
gabungan dari ketiga jenis pesan tersebut.
3. Jenis-jenis Komunikasi di TIK
Ada empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa dilakukan,yaitu
komunikasi menggunakan atau memanfaatkan fasilitas E-mail,Milis,Chatting,dan
Facebook.
a.
E-mail
E-mail merupakan kependekan dari electronic mail,dalam bahasa indonesia
artinya surat elektronik.Kata e-mai itu sendiri merujuk pada dua
hal,pertama,e-mail merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas
berbasis internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara
elektronik.Ada beberapa aplikasi e-mail antara lain Yahoo Mail,Gmail,Hotmail
AOL,Sina,126,163,Daum dan sebagainya.Program ini digunakan untuk
membaca,mengirim,dan menyimpan e-mail.
b.
Milis
Milis atau mailing list adalah layanan di dalam internet yang digunakan
untuk berdiskusi melalui e-mail.Salah satu penyedia mailin g list(server) yang
paling terkenal adalah Yahoo.Untuk bisa melakukan diskusi di mailing list,kita
harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list,misalnya di Yahoo
Groups.Apabila sudah banyak pendaftar atau banyak yang ikut bergabung dengan
kelompok baru kita,disini kita harus bisa mengelola keberadaan para milis.Di
antaranya pengelolaan status anggota misalnya sebagai anggota(member),moderator
atau sebagai owner.Termasuk menghapus dari keanggotaan milis.
c.
Chatting
Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (inggris) artinya
ngobol.Chatting dalam dunia internet artinya program yang tersedia yang
digunakan untuk ngobrol atau berinteraksi via internet.Ada beberapa jenis
komunikasi yang bisa dilakukan dengan program ini,yaitu komunikasi lewat
tulisan,komunikasi dengan suara,komunikasi dengan gambar,bisa mengirim
file,juga bisa mengirim pesan singkat(sms).Chatting bisa dilakukan berdua saja
atau rame-rame dengan banyak orang.Untuk ngobrol dengan banyak orang bisa
menggunakan fasilitas chatt room. Chatting bisa dilakukan karena adanya
perangkat lunak atau software.Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini
bisa digunakan di antaranya yaitu:Mirc,Msn messenger,Icq,GotoWorld,Yahoo
messenger,dan yang lainnya.Perangkat yng paling banyak igunakan adalah
Yahoo messenger,karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan menarik yaitu:chat
lewat suara(voice chat),Chat sambil tatap muka lewat kamera(webcam),melakukan
oanggilan dari kompputer ke komputer (PC to Pc all),melakukan panggilan dari
komputer ke telepon (PC to phone call),melakukan panggilan dari telepon ke
komputer(phone to PC call),ruang-ruang chat (chat rooms),mendengarkan radio
online(launch cast radio),mengirim file(file transfer),bermain game
dengan lawan chat (Yahoo! Games),ngobrol dengan beberapa orang sekaligus
(conference) dan sebagainya.
d.
Facebook
Facebook merupakan salah stu program aplikasi dunia maya jaringan sosial
berbasis internet,disamping program lainnya.Pencetus dan pengembang program
aplikasi ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Hanvard.Tjuan
awal dari dikembangkannya facebook ini yaitu sebagai media untuk saling
mengenal antar mahasiswa Harvard,saling mengenal jati diri sekampusnya dengan
tanmpa harus bertatap muka langsung.
Merujuk pada penjelasan team Cyber (2009) dalam 30 menit Membongkar Rahasia
Facebook ,terdapat sejumlah kelebihan yang dimiliki facebook dibanding dengan
program jejaring sosial lainnya,yaitu:
Model Penggunaan TIK dalam Pendidikan
Pendidikan mempunyai dimensi yang luas,dalam tulisan ini pendidikan merujuk
pada dimensi program dan strategi pembelajaran dalam rangka mengembangkan
kemampuan pembelajar (siswa). Terdapat beragam pandangan mengenai model
pemanfaatan ICT (internet) dalam pendidikan,diantaranya yaitu sebagai berikut:
Abdulhak (2005) mengklasifiksikan pemanfaatan ICT kedalam 3 jenis,yaitu:
pertama,ICT sebagai media (alat bantu) pendidikan, kedua,ICT sebagai sumber,
ketiga,ICT sebagai sistem pembelajaran.
Daftar Rujukan
Pembelajaran
Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( pengembangan profesionalitas
guru): TIK sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Siswa:Dr. Rusman, M.Pd , Dr. Deni
Kurniawan, M.Pd , Cepi Riyana, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar