Sejarah
Perkembangan Komputer
Istilah Komputer berasal dari bahasa latin
"computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih
digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum
akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi
panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan
elektronik. Berikut ini contoh penemuan komputer.
-a. Abacus . Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk
penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi
manik - manik yang bisa di geser. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi
aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar
kuadrat.Muncul sekitar 5.000 Tahun yang lalu di cina dan masih digunakan di
beberapa tempat hingga saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin
komputasi (penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunaka
biji - bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu
menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan
munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya. Abacus atau
Sempoa
-b. Mesin Buatan Charles Babbage . Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan. mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan. sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah - langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik. Kemudian babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakanoleh wilhem Schickard, blaise pascal, dan gottfried leibniz. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Mesin tersebut dinamakan mesin differensial.Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern. Charles Babbage
*Mesin Analitik (Analitical Engine)
. Setelah Penemuan oleh bapak Charles Babbage,
tidak ada penemuan baru yang dianggap berarti terhadap perkembangan dunia
komputer. Sampai dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1900-1973),
seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi
kalkulator elektronik untuk untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang
setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The
Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I,
merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik
untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat
(membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan
kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan
aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Komputer ini sesungguhnya
merupakan dambaan Charles Babbage. Generasi Komputer
Komputer di bagi dalam beberapa generasi
berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan
kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin
rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user
friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.
-a. Komputer Generasi I Awal Mula diciptakan
komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yangf
terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk
mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer
Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak sekutu juga
membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943, pihak inggris
menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus
untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Perkembangan Komputer
Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah
Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun
1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik
solder.
*Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1.
Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957)
bergabung dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep
desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von
Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada
tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah
unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun
1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington
Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von
Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General
Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi
kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952.
Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara
spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner
masing - masing yang berbeda yang disebut "Bahasa Mesin"(Machine
Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum. 1) Sirkuitnya
Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran
komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. 2) Komputer mempunyai
silinder magnetik untuk menyimpan data. 3) Programnya hanya bisa dibuat
menggunakan bahasa mesin. 4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk
tugas tertentu. 5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya
adalah Magnetic Core Storage. 6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan
Magnetic Disk. 7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas. 8)
Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin. 9) Prosesnya kurang cepat.
10) Daya simpannya kecil. 11) Membutuhkan daya listrik yang besar.
Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi
pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan
lain sebagainya.
Komputer Generasi Kedua Bahasa mesin yang digunakan
adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode berupa
singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer mampu mendesain produk,
menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini
sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer
generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya 2)
Menggunakan memori yang cukup besar 3) Telah menggunakan media penyimpanan luar
berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape 4) Penggunaan
aplikasinya lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6) Penggunaan daya
lebih kecil 7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi
seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.
Beberapa contoh dari komputer generasi kedua adalah
IBM 7080, IBM 1400, UNIVAC SS90, UNIVAC III, PDP-1, PDP-8, Burroghts 200, dan
lain sebagainya.
Generasi Komputer
Komputer di bagi dalam beberapa generasi
berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan
kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin
rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user
friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.
a. Komputer Generasi I
Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat
terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut
berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang
dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan
komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia
yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman.
Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang
disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini
dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of
Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000
resistor, dan 5 juta titik solder.
Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1.
Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957)
bergabung dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep
desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von
Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada
tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah
unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun
1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington
Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von
Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General
Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi
kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952.
Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara
spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner
masing - masing yang berbeda yang disebut "Bahasa Mesin"(Machine
Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum. 1)
Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang
membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. 2) Komputer
mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data. 3) Programnya hanya bisa
dibuat menggunakan bahasa mesin. 4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk tugas tertentu. 5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori
utamanya adalah Magnetic Core Storage. 6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic
Tape dan Magnetic Disk. 7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang
luas. 8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin. 9) Prosesnya
kurang cepat. 10) Daya simpannya kecil. 11) Membutuhkan daya listrik yang
besar.
Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi pertama
adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain
sebagainya.
b. Komputer Genarasi Kedua
1. Sejarah Komputer Generasi Kedua
Generasi kedua. Tahun 1948,ada 3 orang fisikawan
Amerika (Walter Houser Brattain, Jhone Barden, William Brandford penemu
transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu.
Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga
mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran
besar menjadi ukuran yang lebih kecil. generasi kedua, yaitu komputer yang
menggunakan Transistor sebagai Processornya (1956 - 1958 M). Transistor mulai
digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan
memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, ebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini
adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi
kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan Transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, system operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini
adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun
1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua
untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer
dan , bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada
komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga
yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji.
Komputer digital yang pertama memiliki ukuran yang
besar serta biaya yang tinggi untuk membuatnya. Kegunaan komputer pada generasi
ini kebanyakan digunakan untuk perhitungan ilmiah. contohnya ENIAC, komputer
awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk
persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat
jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang
dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam
lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah
pertimbangan akan gagal).
2. Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi
kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic",
"collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan
dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua
dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat
pula dipengaruhi.
Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai
penguat sinyal. Sebagai komponen padat, transistor mempunyai banyak keunggulan seperti
misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian,
komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer
komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar
dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu
komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala
macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan
dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular.
Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV
dan Honeywell Model 800.
3. Bahasa Pemrograman Komputer Generasi Kedua
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada
saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL)
dan FormulaTranslator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman
ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula
matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang
untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer,
analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai
bermunculan dan berkembang pada masa itu.
4. Sistem Penyimpanan Komputer Generasi
Kedua
- Kapasitas memori utama
dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
- Menggunakan simpanan luar
berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Transistor Dibanding dengan tabung, teknologi
transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke
skala mikroskopik. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon
paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata
sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan
kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya
minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya
lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah
minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi
ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400,
dan 1600.
5. Kelebihan dan Kelemahan Komputer
Generasi Kedua
Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah
bentuknya yang efisien yang tidak sebesar sebelumnya, komputer dalam generasi
ini juga lebih luas penerapannya dalam kehidupan. Seperti aspek pendidikan,
kesehatan, industri dan lain-lain. Sedangkan kelemahan dari komputer dimasa ini
adalah transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat
berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu
kuarsa).
Komputer Generasi Kedua
Bahasa mesin yang digunakan adalah bahasa assembly.
Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode berupa singkatan yang menggantikan
kode biner. Komputer mampu mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak
data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1)
Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah
menggunakan transistor pada sirkuitnya 2) Menggunakan memori yang cukup besar
3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk
seperti megnetic disk dan magnetic tape 4) Penggunaan aplikasinya
lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6) Penggunaan daya lebih kecil 7)
Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN,
COBOL, dan ALGOL.
Berikut adalah beberapa tips yang harus kita lakukan
saat menggunakan komputer agar kesehatan kita terjaga.

Mengatur
Posisi Duduk
·
Kursi yang kita gunakan jangan kurang dan jangan lebih dari
tinggi lutut, agar kita duduknya nyaman, kakinya tidak tergantung dan tidak
terlalu kelebihan.
·
Pastikan kursi yang kita pakai membuat telapak kaki kita pas
di lantai.
·
Pemilihan kursi yang baik juga harus ada sandaran yang tegak,
agar punggung kita bisa tegak dan tulang kita terjaga kesehatannya.
·
Kepala tidak boleh terlalu ke depan maupun ke belakang, harus
tegak agar kita nyaman dan punggung kita tidak sakit.
·
Usahakan saat menggunakan komputer badan tetap tegak jangan
membungkuk tapi juga jangan terlalu tegang, di buat santai rileks.
·
Ubah posisi duduk kalian jika memang penggunaan komputer
terlalu lama.
·
Usahakan juga setiap jam menggunakan komputer di sempatkan
untuk istirahat paling tidak 5 hingga 10 menit untuk merenggangkan otot – otot
kita.
Mengatur
Posisi Monitor
·
Posisikan monitor sejajar dengan mata kita atau lebih bawah
dari garis mata kita, agar saat menggunakan komputer kalian tidak terlalu
mendongak.
·
Jarak yang baik antara mata dan monitor adalah 50 hingga 60
centimeter.
·
Cahaya monitor tidak terlalu terang dan jangan terlalu gelap,
usahakan pas agar tidak merusak mata kita.
·
Letak monitor jangan tepat di pantulan cahaya lampu, yang
mana itu membuat mata kita cepat lelah.
Mengatur
Posisi Meja Komputer
·
Usahakan letak keyboard membuat tangan kita rileks dan nyaman
agar tangan kita tidak cepat capek dan tidak sakit nantinya.
·
Sudut yang harus di buat antara tangan dan keyboard
setidaknya 9o derajat, agar mudah dalam mengetik.
·
Meletakkan mouse juga harus sejajar dengan keyboard agar saat
kita membutuhkan mouse langsung dapat di gunakan.
·
Hal yang baik dalam mengetik adalah posisi tangan tidak
berubah, hanya jari – jari kita yang menjangkau tombol keyboard.
Pengertian Sistem Operasi
Sistem
operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan
perangkat keras komputer atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan hardware. Sebelum adanya sistem operasi,
orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal
digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat
ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk
lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu
beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombangnya. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying)
Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombangnya. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying)
Sinyal
digital adalah hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi
urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner), sehingga tidak mudah terpengaruh
oleh derau, proses informasinya pun mudah, cepat dan akurat, tetapi transmisi
dengan isyarat digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang
relatif dekat.
Sedangkan
secara umum pengertian sistem operasi
adalah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan
menyediakan sekumpulan layanan (system
calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan memberikan kenyamanan pengguna
serta pemanfaatan sumber-daya pada sistem komputer
Sistem operasi atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Sistem operasi atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Bagian Sistem Operasi Komputer
Secara umum sistem operasi dibagi menjadi 5 bagian
yaitu :
·
Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke
dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
·
Command Interpreter atau
Shell,
bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi
standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun
piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command prompt pada Windows Xp
(DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
·
Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas
mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
·
Handler. Handler berperan dalam
mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan
penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
·
Driveruntuk berinteraksi dengan
hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
Fungsi Sistem Operasiadalah sebagai penghubung
antara lapisan hardwaredan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi
komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta
menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara
bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat
lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap
peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi
berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal
yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan
mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu
dengan perangkat yang lain.
Contoh Sistem
Operasi Komputer
Sebenarnya
hingga saat ini sudah banyak sekali yang mengembangkan sistem operasi, baik itu
untuk komputer maupun sistem operasi
handphone. Seperti yang saat ini sedang naik daun yaitu sistem operasi
besutan raksasa search engine dunia
Google Inc yaitu Android OS dan pesaingnya Windows OS, MAC OS dan Blackberry
OS. Untuk lebih jelasnya berikut Saya sertakan contoh dari sistem operasi.
Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
Berdasarkan Letak
Jika
dikelompokkan sesuai dengan letaknya, macam-macam perangkat keras komputer
terbagi menjadi tiga. Berikut ini daftar lengkapnya :
1.
Perangkat Keras Komputer di Luar Casing
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer di
Luar Casing
Maksud
dari perangkat keras di luar casing yaitu komponen-komponen yang membentuk
komputer secara utuh, dan kehadirannya bisa diidentifikasi dengan mudah karena
dapat dilihat tanpa perlu membongkar komputer itu sendiri.
Adapun komponen perangkat keras komputer
yang termasuk dalam kategori ini yaitu :
·
Monitor
·
Keyboard
·
Mouse
2.
Perangkat Keras Komputer di Dalam Casing
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer di
Dalam Casing
Maksud
dari perangkat keras di dalam casing yaitu komponen-komponen pembentuk komputer
yang letaknya tersembunyi karena berada di dalam komputer itu sendiri yang
biasanya tertutup dengan rapat. Untuk melihat maupun menyentuh komponen
perangkat keras komputer yang masuk dalam kategori ini, biasanya kita
diharuskan untuk membongkar casing komputer atau umum disebut dengan ungkapan ‘mempreteli komputer‘.
Adapun komponen perangkat keras komputer
yang termasuk dalam kategori ini yaitu :
·
Motherboard (papan utama)
·
Processor
·
Random Access Memory (RAM)
·
Video Graphic Array (VGA)
·
Hard Disk Drive(HDD)
·
Optical Disc Drive
·
Power Supply Unit (PSU)
3.
Perangkat Keras Komputer Tambahan
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
Tambahan
Maksud
dari perangkat keras tambahan yaitu komponen-komponen pendukung komputer yang
sifatnya hanya sebagai perangkat tambahan, dimana kehadiran komponen ini tidak
terlalu mengikat dan tidak semua orang yang memiliki komputer harus memiliki
perangkat ini juga.
Karena
sifatnya yang hanya sebagai perangkat pendukung saja, komponen yang masuk dalam
kategori ini bukan perangkat utama dan tidak berpengaruh banyak terhadap
kinerja dari komputer itu sendiri. Jika tidak dibutuhkan, perangkat keras
tambahan ini tidak memberi kontribusi apa-apa terhadap pemilik sebuah komputer,
namun jika sangat dibutuhkan maka kehadiran perangkat ini merupakan suatu hal
yang wajib.
Pada
hakikatnya, komponen perangkat
keras komputer yang masuk dalam kategori ini terdiri
dari gabungan antara perangkat keras di luar casing dan perangkat keras di
dalam casing. Beberapa diantaranya yaitu :
·
Uninterruptable Power Supply (UPS)
·
Printer
·
Scanner
·
Speaker
·
Sound Card (Kartu suara)
·
Modem
·
LAN Card
Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
Berdasarkan Fungsinya
Layaknya
pekerja kantoran yang kerap bekerja dengan saling menempatkan diri untuk
mengisi posisi tertentu dan menjalankan peran yang berbeda-beda antar satu dan
lainnya. Begitu pula yang terjadi pada setiap komponen perangkat keras yang
tergabung dalam satu unit komputer.
Tiap-tiap
komponen memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, dimana kehadiran
komponen-komponen tersebut sifatnya saling mengisi dalam proses pengoperasian
sebuah perintah/instruksi.
Berdasarkan fungsinya, macam-macam perangkat
keras komputer dibagi menjadi :
1. Input
Device (Unit Masukan)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
Input Device
Dilihat
dari fungsinya, ini merupakan perangkat keras komputer yang memiliki peran
untuk memasukkan data yang dapat digolongkan dalam 4 bentuk, yaitu tulisan
(huruf, angka, simbol, khusus), image (dalam bentik grafis atau gambar), suara,
dan bentuk-bentuk lainnya dari luar ke dalam komputer. Komponen inilah yang
bertugas sebagai penerjemah kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, lalu
mengirimkan data tersebut ke memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan.
Perangkat keras komputer yang termasuk
sebagai input device (unit masukan) antara lain :
·
Gamepad
·
Joystick
·
Keyboard
·
Light Pen
·
Mikrofon
·
Mouse
·
Touchpad
·
Trackball
·
Scanner
·
Web Camera
2. Process
Device (Unit Pemrosesan)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
Process Device
Perangkat
keras komputer berikutnya adalah yang berfungsi sebagai alat proses. Tentu
tidak akan ada gunanya khan apabila semua perintah/instruksi yang diberikan
pada komputer tidak diproses atau dieksekusi dengan baik ? Karena itulah ada
beberapa komponen perangkat keras yang memegang peranan penting ini untuk
menjamin semua perintah dapat diteruskan menjadi informasi yang dibutuhkan.
Perangkat keras komputer yang memegang
tugas sebagai alat proses disebut dengan nama Central Processing Unit (CPU).
Setiap data yang masuk dari input device (unit masukan) serta data-data yang
tersimpan di dalam media penyimpanan, semuanya diolah oleh CPU. Seluruh proses
seperti perhitungan, pengolahan data, pengolahan gambar, bahkan pengolahan
suara ditangani oleh perangkat keras komputer yang satu ini. Perangkat keras
inilah yang juga mengatur kerja dari perangkat keras-perangkat keras lainnya
seperti printer, mouse, speaker, monitor, keyboard, dan sebagainya. Pada
komputer mikro, unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses
mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai
jutaan IC.
Perangkat keras komputer yang termasuk
sebagai proses device (unit pemrosesan) antara lain :
·
Kartu Grafis (VGA)
·
Microprocessor (ALU, Internal Communication,
Registers dan Control Section)
·
Motherboard
·
Power Supply (PSU)
·
Random Access Memory (RAM)
3.
Output Device (Unit Keluaran)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
Output Device
Jenis perangkat keras komputer
berikutnya adalah yang berfungsi sebagai output device (unit keluaran). Bisa
dikatakan perangkat ini merupakan kebalikan dari input device (unit masukan),
dimana dalam sistem kerjanya bertindak sebagai komponen yang mengeluarkan hasil
pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU, dengan memanfaatkan
suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan
data hasil proses.
Sama
seperti input device (unit masukan), perangkat keras komputer yang masuk dalam
kategori ini juga memproses data yang terdiri dari 4 bentuk, yaitu tulisan
(huruf, angka, simbol, khusus), image (dalam bentik grafis atau gambar), suara,
dan bentuk-bentuk lainnya. Hanya saja berbeda dengan input device (unit
masukan) yang bersifat sebagai alat untuk memasukkan data, perangkat keras
komputer yang bertindak sebagai output device ini justru mengeluarkan seluruh
hasil pemrosesan, baik yang berupa fisik ataupun non fisik.
Tiga
data yang masuk dalam golongan pertama (tulisan, image, dan suara) adalah
output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan data yang masuk
dalam golongan terakhir (bentuk-bentuk lainnya) biasanya digunakan sebagai
input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Perangkat keras komputer yg termasuk sebagai
output device (unit keluaran) antara lain :
·
Monitor
·
Printer
·
Speaker
4.
Backing Storage (Unit Penyimpanan)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
Backing Storage
Seperti
yang telah disinggung dalam beberapa poin di atas, ada salah satu komponen
perangkat keras komputer yang dalam sistem kerjanya memiliki tugas sebagai
media penyimpanan data.
Komponen
ini juga biasa disebut dengan istilah memori, dimana fungsi utamanya yaitu
sebagai tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Dapat juga
dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada sistem komputer. Unit
penyimpanan digolongkan menjadi 2 tipe, yaitu storage external memory (media
penyimpanan eksternal) dan storage internal memory (media penyimpanan
internal).
Perangkat keras komputer yang termasuk
dalam storage external memory (media penyimpanan eksternal) yaitu :
·
Magnetic disk (Floppy Disk dan Harddisk)
·
Magnetic Tape
·
Optical Disk (CD/DVD)
·
Removeable hard disk (Zip disk dan Flashdisk)
Sedangkan perangkat keras komputer yang
termasuk dalam storage internal memory (media penyimpanan internal) yaitu :
·
ROM (Read Only Memory)
·
RAM (Random Access Memory)
5.
Periferal (Unit Tambahan)
Perangkat
keras komputer yang satu ini disebut dengan istilah peripheral, komponen
tambahan yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menyelesaikan tugas-tugas
yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras lainnya yang sudah terpasang di
dalam casing.
Biasanya
untuk menyambungkan periferal ke komputer harus menggunakan kabel, namun
belakangan dengan teknologi yang kian canggih maka juga dapat dilakukan dengan
memanfaatkan bluetooth atau wireless.
Perangkat keras komputer yg termasuk sebagai
periferal (unit tambahan) antara lain :
·
Capture Card
·
Modem
·
Optical Disc Drive
·
Sound Card (Kartu Suara)
·
TV Tuner Card
·
Uninterruptable Power Supply (UPS)
SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
http://komputerlamongan.com/read/1771/tips-menggunakan-komputer-dengan-sehat/
http://teknodaily.com/macam-macam-perangkat-keras-komputer-berdasarkan-letak-fungsinya/%20%E2%80%8E

Tips Menggunakan Komputer
yang Baik dan Sehat
Tips Menggunakan Komputer
yang Baik dan Sehat – Di era modern ini sudah banyak orang yang melakukan
aktivitasnya didepan komputer, dari anak-anak, remaja, orang tua, pekerja
kantoran, bahkan semua kegiatan pun menggunakan komputer, di sekolah, di mall,
dll. Hal ini karena kebutuhan manusia terhadap efisiensi waktu yang sangat
tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi, apakah Anda sadar bahwa
menggunakan komputer yang salah akan mempengaruhi tubuh Anda seperti leher,
kepala, lengan, mata dan punggung. Selain itu menggunakan komputer dalam jangka
waktu yang lama dapat berakibat stres fisik dan akhirnya menyebabkan tubuh
menjadi cacat.
Tentunya Anda tidak ingin
kan hal-hal buruk diatas terjadi pada diri Anda? Yuk kita simak beberapa tips
dibawah ini.
Tips
Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat
Ciptakan lingkungan yang
bersih, rapi dan tenang
Fator lingkungan sangat
penting dan sangat menunjang supaya kegiatan berkomputer Anda terasa nyaman dan
tidak terganggu. Jika lingkungan Anda bersih, rapi dan tenang, maka secara
otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan pekerjaan didepan
komputer. Dan dapat Anda bayangkan jika lingkungan Anda berserakan
kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan Anda
akan sangat terganggu karena faktor lingkungan sangat berpengaruh dengan
kenyamanan dan kesehatan.
Perhatikan posisi duduk
Posisi duduk yang benar
saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung anda sehingga
kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk, ataupun miring.
Perhatikan posisi monitor
Posisi Monitor sebaiknya
diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara
langsung dengan monitor komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala
berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda.
Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
- Atur posisi sehingga jarak Anda dan monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
- Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
- Usahakan posisi monitor sejajar dengan mata.
- Jika komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).
- Jagalah agar kondisi layar monitor Anda tetap bersih dari debu.
Posisi mouse dan kerboard
yang mudah dijangkau
Menempatkan
keyboard dan mouse ditempat yang susah dijangkau hanya akan membuat Anda susah,
apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan
memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman,
silahkan simak beberapa tips berikut.
- Letakkan Mouse dan Keyboard tidak jauh dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda dapat lebih rileks.
- Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.
- Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.
- Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
- Peganglah Mouse dengan santai dan rileks.
Istirahatlah secara
periodik
Sangat tidak dianjurkan
menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal
ini dapat mengakibatkan badan Anda terasa pegal-pegal dan nyeri pada punggung.
Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam
menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat mengurangi
pegal-pegal dan menambah kenyamanan Anda dalam mengoperasikan komputer.
- Warm Up (Pemanasan)- Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
- Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
- Gerakkan kepala kekiri dan kekanan secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
- Mengistirahatkan Mata – Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer Anda, lalu lihat tanaman yang berwarna hijau.
Nah itulah tadi beberapa tips
menggunakan komputer yang baik dan sehat. Semoga bermanfaat untuk kita
semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar