A. KONSEP BELAJAR
DAN MENGAJAR
Bila terjadi proses belajar, maka bersama itu pula terjadi proses
mengajar. Hal itu kiranya mudah dipahami, karena bila ada yang belajar. Hal ini
kiranya mudah dipahami, karena bila ada yang belajar sudah barang tentu ada
yang mengajarnya , dan begitu pula sebaliknya kalau ada yang mengajarnya, dan
begitu pula sebaliknya kalau ada yang mengajar tentu ada yang belajar . kalau
sudah terjadi suatu proses/saling berintraksi, antara yang mengajar dengan yang
belajar, sebenarnya berada pada suatu kondisi yang unik, sebab secara sengaja
atau tidak sengaja , masing-masing pihak berada dalam suasana belajar . Jadi
guru walaupun dikatakan sebagai pengajar, sebenarnya secara tidak langsung juga
melakukan belajar.
Perlu ditegaskan bahwa setiap saat dalam kehidupan terjadi suatu proses
belajar – mengajar, baik sengaja maupun tidak sengaja, disadari atau tidak
disadari. Dari proses belajar – mengajar ini akan diproleh suatu hasil, yang
pada umumnya disebut hasil pengajaran, atau dengan istilah tujuan pembelajaran
atau hasil belajar. Tetapi agar memproleh hasil yang optimal, proses belajar –
mengajar harus dilakukan dengan sadar dan sengaja serta terorganisasi secara
baik.[1]
Didalam proses belajar – mengajar, guru sebagai penagajar dan siswa
sebagai subjek belajar, dituntut adanya propil kualifikasi tentu dalam hal
pengetahuan, kemampuan, sikap dan tatanilai serta sifat – sifat pribadi, agar
proses itu dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Untuk itu, orang
kemudian mengembangkan berbagai pengetahauan, misalnya psikologi pendidikan
medel mengajar, pengelolaan
pengajaran dan ilmu – ilmu lain yang dapat menunjang proses belajar-mengajar
itu.
1. Makna belajar
Usaha
pemahaman mengenai makna belajar ini akan diawali dengan mengemukakan beberapa
difenisi tentang belajar. Ada beberapa difinisi tentang belajar. Dan beberapa
difinisi tentang belajar, antara lain dapat diuraikan sebagai berikut.
a. Cronbach
memberikan defenisi : learning is show by a change in behavior as a result of experience(:belajar adalah pertunjukan oleh perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman
b. Harold
Spears memberikan batasan: learning is shown by observe, to read,
to imitate, to try something themseleves, to listen , to follow
direction. (pembelajaran ditunjukkan dengan mengamati,
membaca, meniru, mencoba sesuatu diri mereka, mendengarkan, mengikuti arah.)
c. Geoch,
mengatakan : learning is a change in performance as a result of
practice. Ini berarti bahwa belajar membawa perubahan dalam
performance, dan perubahan itu sebagai akibat dari latihan ( practice ).
Dari ketiga definisi di atas, maka dapat diterangkan bahwa belajar itu
senantiasa merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca,mengamati, mendengarkan,
meniru dan lain sebagainya. Juga belajar itu akan lebih baik, kalau si subjek
belajar itu mengalami atau melakukannya, jadi tidak bersifat verbalistik.
Menurut Benyamin. S. Bloom, meliputi tiga ranah /matra, yaitu :
matra kognitif, afektif dan psikomotorik. Masing – masing matra atau domain ini
dirinci lagi menjadi beberapa jangkauan kemampuan ( level of
competence) rincian ini dapat disebut sebagai berikut:
a. Kognitif domain :
1) Knowledge (pengetahuan,
ingatan )
2) Camprehension (pemahaman,
menjelaskan, meringkas , contoh )
3) Analysis ( menguraikan,
menentukan hubungan ) .
4) Synthesis (
mengorganisasikan, merencanakan , membentuk bangunan baru )
5) Evaluation (manilai)
6) Application (menerapkan)
Contohnya siswa dapat menjelaskan tentang masalah-masalah penjaabaran
,contohnya dalam bidang mata pelajaran tertentu dan mereka da[at menjelaskan
tentang suatu topik beserta pengembangannya.
b. Affective Domain:( sikap moral dan tingkah laku )
1) Recieving (sikap menerima)
2) Responding (memberikan
respons )
3) Valuing (nilai )
4) Organization (organisasi )
5) Characterization (karakteristik)
Contoh siswa dating tepat waktu ,siswa dapat bekerjasama melakuakan
,melakukan sesuatu dengan benar dan rasa kesadaran.
B. Mengajar
pada dasarnya merupakan suatu
usaha untuk menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan
memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Kalau belajar dikatakan milik
siswa, maka mengajar sebagai kegiatan guru. Disamping itu ada beberapa difinisi
lain, yang dirumuskan secara rinci dan tampak bertingkat.
Mengajar adalah menyampaikan pengetahuan pada siswa. Menurut pengertian ini berarti tujuan belajar dari siswa itu hanya
sekedar ingin mendapatkan atau menguasai pengetahuan.[5]
Dalam pengertian yang luas, mengajar diartiakn sebagai suatau
aktivitas mengorganisasikan atau mengatur lingkunagn sebaik – baiknya dan
menghubungkan dengan anak, sehingga terjadi proses belajar. Atau dikatakan,
mengajar sebagai upaya menciptakan kondisi ynag kondusif untuk berlangsungnya
kegiatan belajar bagi para siswa. Kondisi itu diciptakan sedemikian rupa sehingga
membantu perkembangan anak secara optimal baik jasmani maupun rohani, baik
fisik maupun mental.
Ada pun hasil pengajaran itu dikatakan betul betul baik, apabila memiliki
ciri –ciri sebagai berikut:
1. Hasil itu tahan lama dan dapat
digunakan dalam kehidupan oleh siswa. Dalam hal ini guru akan senantiasa
menjadi pembimbing dan pelati yang baik bagi para siswa yang akan menghadapi
ujian.
2. Hasil itu merupakan pengetahuan
“asli” atau “otentik.” Pengetahuan hasil proses belajarmengajar itu bagi siswa
seolah – olah telah merupakan bagian kpribadian bagi diri setiap siswa,
sehingga akan mendapat mempengaruhi pandanagn dan caranya mendekati suatu
permasalahan. Sebab pengetahuan itu dinyatakan dan penuh makana bagi dirinya.
Pembelajaran
Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) menyatakan strategi mengorganisasi
isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk
membuat urutan dan mensintesis fakta, konsep prosedur dan prinsip yang
berkaitan.[8]
Secara umum istilah belajar dimaknai sebagai suatu kegiatan yang
mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku. Dengan pengertian demikian,
maka pembelajaran dapat dimaknai sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh
guru atau seorang pendidik sedemikian rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah
ke arah yang lebih baik . yang dimaksud dengan proses pembelajaran adalah
sarana dan cara bagaimana suatu generasi belajar, atau dengan kata lain
bagaimana sarana belajar itu secara efektif digunakan. Hal ini tentu berbeda
dengan proses belajar yang diartikan sebagai cara bagaimana para pembelajar itu
memiliki dan mengakses isi pelajaran itu sendiri .)
C. Pembelajaran
Dari pengertian tersebut, maka dapat
dipahami bahwa pembelajaran membutuhkan hubungan dialogis yang sungguh-sungguh
antara guru dan peserta didik, dimana penekanannya adalah pada proses
pembelajaran oleh peserta didik(student of learning), dan bukan
pengajaran oleh guru(teacher of teaching) . Konsep seperti ini membawa
konsekuensi kepada fokus pembelajaran yang lebih ditekankan pada keaktifan
peserta didik sehingga proses yang terjadi dapat menjelaskan sejauh mana
tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat dicapai oleh siswa.
2. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan
pembelajaran. Segala kegiatan pembelajaran muaranya pada tercapainya tujuan
tersebut.
Dilihat
dari sejarahnya, tujuan pembelajaran pertama kali diperkenalkan oleh B. F
Skinner pada tahun 1950 yang diterapkannya dalam ilmu perilaku (Behavioural
science) dengan maksud untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kemudian diikuti
oleh Robert Mager yang menulis buku yang berjudul: “Preparing Instructional
Objective” padatahun 1970 diseluruh lembaga
pendidikan termasuk di Indonesia. Tujuan pembelajaran ini bukan saja memperjelas arah yang ingin dicapai
dalam suatu kegiatan belajar, tetapi dari segi efisiensi diperoleh hasil
belajar yang maksimal.[9]
D. Aktivitas-aktivitas
Belajar
Belajar bukanlah berproses dalam kehampaan, tidak pula pernah sepi dari
berbagai aktivitas. Tidak pernah terlihat orang yang belajar tanpa melibatkan
aktivitas raganya. Apalagi bila akativitas belajar itu berhubungan dengan masalah
belajar menulis, mencatatat, memandang, membaca, mengingat, berpikir, latihan
atau praktek, dan sebagainya.[19] Oleh
karena itulah, berikut ini dibahas beberapa aktivitas belajar, sebagai berikut:
1. Mendengarkan
Mendengarkan adalah salah satu aktivitas belajar. Setiap orang yang
belajar di sekolah pasti ada aktivitas mendengarkan. Ketika seorang guru
menggunakan metode ceramah, maka setiap siswa atau mahasiswa diharuskan
mendengarkan apa yang guru ( dosen ) sampaikan. Menjadi pendengar yang baik
dituntut dari mereka, di sela-sela ceramah itu, ada aktivitas mencatat hal-hal
yang dianggap penting.
Aktivitas mendengarkan adalah aktivitas belajar yang diakui kebenarannya
dalam dunia pendidikan dan pengajaran dalam pendidikan formal persekolahan,
ataupun non-formal. Apabila dalam kerangka pemerataan pendidikan, maka
anak-anak tuna rungu perlu diperhatikan secara intensif agar tidak ada lagi
penyakit kebodohan. Itulah nilai strategis aktivitas mendengarkan dalam
belajar.[20]
2. Memandang
Memandang adalah mengarahkan penglihatan ke suatu objek. Aktivitas
memandang berhubungan erat dengan mata, karena dalam memandang itu matalah yang
memegang peranan penting. Tanpa mata tidak mungkin terjadi aktivitas memandang
dapat dilakukan. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua aktivitas memandang
berarti belajar. Aktivitas memandang dalam arti belajar di sini adalah
aktivitas memandang yang bertujuan sesuai dengan kebutuhan untuk mengadakan
perubahan tingkah laku yang positif.
Aktivitas memandang tanpa tujuan bukanlah termasuk perbuatan belajar.
Meski pandangan tertuju pada suatu objek, tetapi tidak adanya tujuan yang ingin
dicapai, maka pandangan yang demikian tidak termasuk belajar.[21]
3. Meraba, membau, dan
mencicipi/mengecap
Aktivitas meraba, membau dan mengecap adalah indra manusia yang dapat
dijadikan sebagai alat untuk kepentingan belajar. Artinya aktivitas meraba,
membau dan mengecap dapat memberikan kesempatan bagi seseorang untuk belajar,
tentu saja aktivitasnya harus disadari oleh tujuan. Dengan demikian,
aktivitas-aktivitas meraba, aktivitas membau, ataupun aktivitas mengecap dapat
dikatakan belajar, apabila semua aktivitas itu didorong oleh kebutuhan,
motivasi untuk mencapai tujuan dengan menggunakan situasi tertentu untuk
memperoleh perubahan tingkah laku.[22]
4. Menulis atau mencatat
Menulis atau mencatat merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari
aktivitas belajar. Perlu diketahui bahwa tidak setiap mencatat adalah belajar.
Aktivitas mencatat yang bersifat menurut, menciplak atau mengcopy tidak dapat
dikatakan sebagai aktivitas belajar. Mencatat yang termasuk sebagai aktivitas
belajar yaitu apabila dalam mencatat itu orang menyadari kebutuhan dan
tujuannya, serta menggunakan seperangkat tertentu agar catatan itu nantinya
berguna bagi pencapaian tujuan belajar.
5. Membaca
Aktivitas membaca adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan selama
belajar di sekolah atau di perguruan tinggi. Kalau belajar adalah untuk
mendapatkan ilmu pengetahuan, maka membaca adalah jalan menuju ke pintu ilmu
pengetahuan. Ini berarti untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tidak ada cara lain
yang harus dilakukan kecuali memperbanyak membaca. Kalau begitu membaca identik
dengan mencari ilmu pengetahuan agar menjadi cerdas, dan mengabaikannya berarti
kebodohan.[23]
6. Membuat ikhtisar atau ringkasan dan
menggarisbawahi
Banyak orang yang merasa terbantu dalam belajarnya karena menggunakan
ikhtisar-ikhtisar materi yang dibuatnya. Ikhtisar atau ringkasan ini memang
dapat membantu dalam hal mengingat atau mencari kembali materi dalam buku untuk
masa-masa yang akan datang. Untuk keperluan belajar yang intensif, bagaimanapun
juga hanya membuat ikhtisar adalah belum cukup. Sementara membaca, pada hal-hal
yang penting perlu diberi garis bawah ( underlining ). Hal ini
sangat membantu dalam usaha menemukan kembali materi itu di kemudian hari, bila
diperlukan.
7. Mengamati tabel-tabel,
diagram-diagram dan bagan-bagan
Dalam buku ataupun di lingkungan lain sering dijumpai tabel-tabel,
diagram, ataupun bagan-bagan. Materi non-verbal semacam ini sangat berguna bagi
seseorang dalam mempelajari materi yang relevan. Demikian pula gambar-gambar,
peta-peta, dan lain-lain dapat menjadi bahan ilustratif yang membantu pemahaman
seseorang tentang sesuatu hal. Semua tabel-tabel, diagram-diagram, dan bagan
dihadirkan di buku tidak lain adalah dalam rangka memperjelas penjelasan yang
penulis uraikan.[24]
8. Menyusun paper atau kertas kerja
Bila pembicaraan ini memasalahkan penyusunan paper, maka hal ini
berhubungan erat dengan masalah tulis menulis. Penulisan yang baik sesuai
dengan prosedur ilmiah dituntut dalam penulisan paper ini. Penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar menurut ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan
(EYD) dituntut, sehingga menghasilkan karya tulis yang bermutu tinggi.
Dalam menyusun paper tidak bisa sembarangan, tetapi harus metodologis dan
sistematis. Metodologis artinya menggunakan metode menggunakan metode-metode
tertentu dalam penggarapannya. Sistematis artinya menggunakan kerangka pikir
yang logis dan kronologis.[25]
9. Mengingat
Mengingat merupakan gejala psikologis. Untuk mengetahui bahwa seseorang
sedang mengingat sesuatu, dapat dilihat dari sikap dan perbuatannya. Perbuatan
mengingat dilakukan bila seseorang sedang mengingat-ingat kesan yang telah
dipunyai.
Ingatan itu sendiri adalah kemampuan jiwa untuk memasukkan(learning),
menyimpan (retention), dan menimbulkan kembali(remembering) hal-hal
yang telah lampau. Jadi, mengenai ingatan tersebut ada tiga fungsi, yaitu:
memasukkan, menyimpan, dan mengangkat kembali ke alam sadar. Mengingat adalah
salah satu aktivitas belajar. Tidak ada seorang pun yang tidak pernah mengingat
dalam belajar.[26]
10. Berpikir
Berpikir adalah termasuk aktivitas belajar. Dengan berpikir orang
memperoleh penemuan baru, setidak-tidaknya orang menjadi tahu tentang hubungan
antara sesuatu. Berpikir bukanlah sembarang berpikir, tetapi ada taraf
tertentu, dari taraf berpikir yang rendah sampai taraf berpikir yang tinggi.[27]
11. Latihan atau praktek
Learning by doing adalah konsep belajar yang menghendaki adanya penyatuan
usaha mendapatkan kesan-kesan dengan cara berbuat, belajar sambil berbuat dalam
hal ini termasuk latihan, latihan termasuk cara yang baik untuk memperkuat ingatan.[28]
E.
Type Balajar
1. Tipe
diperger
2. Tipe
converger
3. Tipe
assimilator
4. Tipe
accomodator
Gaya belajar efektif
1. Belajar
dengan kata-kata
2. Belajar
dengan pertanyaan
3. Belajar
dengan gambar
4. Belajar
dengan musik
5. Belajar
dengan bergerak
6. Belajar
dengan bersosialisasi
7. Belajar
dengan kesendirian
F. Komponen
pemebelajaram
A. Tujuan Pembelajaran
Hermawan (2008: 9.4) Tujuan pembelajaran merupakan rumusan perilaku yang telah ditetapkan sebelumnya agar tampak pada diri siswa sebagai akibat dari perbuatan belajar yang telah dilakukan. Hermawan (2008: 1.17. Tujuan yang jelas akan memberi petunjuk yang jelas terhadap pemilihan materi/bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi. Berkaitan dengan tujuan pembelajaran terjadi pertentangan pendapat tentang tujuan pembelajaran, ada sebagian ahli menyatakan tujuan pembelajaran merupakan proses dan sebagian menyatakan tujuan haruslah menggambarkan hasil belajar bukan prosesnya. Terlepas dari pertentangan pendapat bahwa tujuan sebagai proses atau tidak, tujuan pembelajaran tidak dapat melepaskan diri dari tuntunan dan kebutuhan masyarakat, serta didasari atas falsafah dan ideologi suatu negara. Hal ini dapat dimengerti sebab upaya pendidikan itu sendiri merupakan subsistem dalam sistem masyarakat dan negara sehingga kekuatan-kekuatan sosial, politik,budaya. Ekonomi sangat berperan dalam penentuan tuajuan pembelajaran terutama tujuan pendidikan yang sifatnya lebih umum.
Menurut Bloom, dkk. Tujuan pembelajaran (proses belajar-mengajar) dapat dipilah menjadi tujuan yang bersifat kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan). Derajat pencapaian tujuan ini merupakan indikator kualitas pencapaian tujuan dan hasil perbuatan belajar siswa. Tujuan merupakan fokus utama dari kegiatan belajar-mengajar.
Hermawan (2008: 9.4) Tujuan pembelajaran merupakan rumusan perilaku yang telah ditetapkan sebelumnya agar tampak pada diri siswa sebagai akibat dari perbuatan belajar yang telah dilakukan. Hermawan (2008: 1.17. Tujuan yang jelas akan memberi petunjuk yang jelas terhadap pemilihan materi/bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi. Berkaitan dengan tujuan pembelajaran terjadi pertentangan pendapat tentang tujuan pembelajaran, ada sebagian ahli menyatakan tujuan pembelajaran merupakan proses dan sebagian menyatakan tujuan haruslah menggambarkan hasil belajar bukan prosesnya. Terlepas dari pertentangan pendapat bahwa tujuan sebagai proses atau tidak, tujuan pembelajaran tidak dapat melepaskan diri dari tuntunan dan kebutuhan masyarakat, serta didasari atas falsafah dan ideologi suatu negara. Hal ini dapat dimengerti sebab upaya pendidikan itu sendiri merupakan subsistem dalam sistem masyarakat dan negara sehingga kekuatan-kekuatan sosial, politik,budaya. Ekonomi sangat berperan dalam penentuan tuajuan pembelajaran terutama tujuan pendidikan yang sifatnya lebih umum.
Menurut Bloom, dkk. Tujuan pembelajaran (proses belajar-mengajar) dapat dipilah menjadi tujuan yang bersifat kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan). Derajat pencapaian tujuan ini merupakan indikator kualitas pencapaian tujuan dan hasil perbuatan belajar siswa. Tujuan merupakan fokus utama dari kegiatan belajar-mengajar.
B. Guru
Winataputra (2007: 1.20. Menurut pasal 1 butir 6 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan istilah lainnya yang sesuai dengan kekhususannya yang juga berperan dalam pendidikan.
Hermawan, dkk (2008: 9.4) Guru menempati posisi kunci dan strategis dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan untuk mengarahkan siswa agar dapat mencapai tujuan secara optimal. Untuk guru harus mampu menempatkan dirinya sebagai diseminator, informator, transmitter, transformator, organizer, fasilitator, motivator, dan evaluator bagi terciptanya proses pembelajaran siswa yang dinamis dan inovatif.
Pembelajaran pada haikatnya adalah proses sebab-akibat. Guru sebagai pengajar merupakan penyebab utama terjadinya proses pembelajaran siswa, meskipun tidak semua belajar siswa merupakan akibat guru yang mengajar. Oleh sebab itu, guru sebagai figur sentral harus mampu menetapkan strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendorong terjadinya perbuatan belajar siswa yang aktif, produktif, dan efesien. Guru hendaknya dalam mengajar harus memperhatikan kesiapan, tingkat kematangan, dan cara belajar siswa.
Kiranawati, wijianta@gmail.com. Peran Guru dalam proses belajar mengajar :
• memperhatikan dan bersikap positif;
• mempersiapkan baik isi materi pelajaran maupun praktek pembelajarannya;
• memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya;
• memiliki sensitivitas dan sadar akan adanya hubungan antara guru, siswa, serta
tugas masing-masing;
• konsisten dan memberikan umpan balik positif kepada siswa.
Winataputra (2007: 1.20. Menurut pasal 1 butir 6 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan istilah lainnya yang sesuai dengan kekhususannya yang juga berperan dalam pendidikan.
Hermawan, dkk (2008: 9.4) Guru menempati posisi kunci dan strategis dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan untuk mengarahkan siswa agar dapat mencapai tujuan secara optimal. Untuk guru harus mampu menempatkan dirinya sebagai diseminator, informator, transmitter, transformator, organizer, fasilitator, motivator, dan evaluator bagi terciptanya proses pembelajaran siswa yang dinamis dan inovatif.
Pembelajaran pada haikatnya adalah proses sebab-akibat. Guru sebagai pengajar merupakan penyebab utama terjadinya proses pembelajaran siswa, meskipun tidak semua belajar siswa merupakan akibat guru yang mengajar. Oleh sebab itu, guru sebagai figur sentral harus mampu menetapkan strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendorong terjadinya perbuatan belajar siswa yang aktif, produktif, dan efesien. Guru hendaknya dalam mengajar harus memperhatikan kesiapan, tingkat kematangan, dan cara belajar siswa.
Kiranawati, wijianta@gmail.com. Peran Guru dalam proses belajar mengajar :
• memperhatikan dan bersikap positif;
• mempersiapkan baik isi materi pelajaran maupun praktek pembelajarannya;
• memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap siswanya;
• memiliki sensitivitas dan sadar akan adanya hubungan antara guru, siswa, serta
tugas masing-masing;
• konsisten dan memberikan umpan balik positif kepada siswa.
C. Siswa
Lussy (www.lussy.blogspot) Peserta didik adalah semua individu yang menjadi audiens dalam suatu lingkup pembelajaran. Biasanya penyebutan peserta didik ini mengikuti skup/ruang lingkup dimana pembelajaran dilaksanakan, diantaranya : siswa untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, mahasiswa untuk jenjang pendidikan tinggi, dan peserta pelatihan untuk diklat. Peserta didik adalah masukan mentah (raw input) dalam sebuah proses pembelajaran yang harus dithreat agar output dan outcomesnya sesuai dengan yang dicanangkan institusi (khususnya) dan dunia pendidikan Indonesia pada umumnya.
Hermawan, dkk (2008: 9.4). Siswa sebagai peserta didik merupakan subyek utama dalam proses pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan banyak tergantung kepada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan siswa. Harryanto (1997:http://one.indoskripsi.com) Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Kemp(1997:4),” students are the center of the teaching and learning process, so they have to be involved in almost all the phrases of the classroom interaction from planning to evaluation.”
Udin S. Winataputra (2007: 1.20, Teori Belajar dan Pembelajaran). Menurut Pasal 1 butir 4 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang trsedia pada jalur, jenjang dan pendidikan tertentu. Siswa atau peserta didik merupakan subyek utama dalam pembelajaran dalam usaha pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dibuat sebagai acuan kegiatan belajar-mengajar.
Kiranawati, wijianta@gmail.com. Peran Siswa dalam pembelajaran, antara lain:
• tertarik pada topik yang sedang dibahas;
• dapat melihat relevansi topik yang sedang dibahas;
• merasa aman dalam lingkungan sekolah;
• terlibat dalam pengambilan keputusan belajarnya;
• memiliki motivasi;
• melihat hubungan antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan pengalaman
belajar yang akan dicapai.
Lussy (www.lussy.blogspot) Peserta didik adalah semua individu yang menjadi audiens dalam suatu lingkup pembelajaran. Biasanya penyebutan peserta didik ini mengikuti skup/ruang lingkup dimana pembelajaran dilaksanakan, diantaranya : siswa untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, mahasiswa untuk jenjang pendidikan tinggi, dan peserta pelatihan untuk diklat. Peserta didik adalah masukan mentah (raw input) dalam sebuah proses pembelajaran yang harus dithreat agar output dan outcomesnya sesuai dengan yang dicanangkan institusi (khususnya) dan dunia pendidikan Indonesia pada umumnya.
Hermawan, dkk (2008: 9.4). Siswa sebagai peserta didik merupakan subyek utama dalam proses pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan banyak tergantung kepada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan siswa. Harryanto (1997:http://one.indoskripsi.com) Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Kemp(1997:4),” students are the center of the teaching and learning process, so they have to be involved in almost all the phrases of the classroom interaction from planning to evaluation.”
Udin S. Winataputra (2007: 1.20, Teori Belajar dan Pembelajaran). Menurut Pasal 1 butir 4 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang trsedia pada jalur, jenjang dan pendidikan tertentu. Siswa atau peserta didik merupakan subyek utama dalam pembelajaran dalam usaha pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dibuat sebagai acuan kegiatan belajar-mengajar.
Kiranawati, wijianta@gmail.com. Peran Siswa dalam pembelajaran, antara lain:
• tertarik pada topik yang sedang dibahas;
• dapat melihat relevansi topik yang sedang dibahas;
• merasa aman dalam lingkungan sekolah;
• terlibat dalam pengambilan keputusan belajarnya;
• memiliki motivasi;
• melihat hubungan antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan pengalaman
belajar yang akan dicapai.
D. Kegiatan Pembelajaran
Winataputra (2007: 1.2) Kegiatan Pembelajaran pada dasarnya mengacu pada Pendekatan Mengajar, Metode, Materi, Media.
a). Pendekatan Mengajar
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Hermawan, dkk (2008: 1.23) Strategi pembelajaran pada hakikatnya merupakan tindakan nyata dari guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan lebih efesien.
Wina Senjaya (2008) (Akhmad Sudrajat (http://www.psb-psma.org). Menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu: (1) exposition-discovery learning dan (2) group-individual learning (Rowntree dalam Wina Senjaya, 2008). Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something”
Tinggi rendahnya kadar aktivitas belajar siswa banyak dipengaruhi oleh strategi atau pendekatan mengajar yang digunakan. Banyak pendapat mengenai berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam penyampaian materi/bahan ajar. Richard Anderson (Sudjana, 1990) dalam Hermawan, dkk, 2008 mengajukan dua pendekatan, yaitu:
o Pendekatan berorientasi pada guru (teacher centered), Tipe Otokratis
Pendekatan ini biasa disebut sebagai model ekspositori atau model Informasi karena guru lebih dominan.
o Pendekatan berorientasi pada siswa (student centered), Tipe demokratis. Pendekatan ini biasa disebut model Inquiry atau Problem solving karena kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa dan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar-mengajar.
Pemilihan strategi atau pendekatan yang dipilih oleh guru disesuaikan dengan mempertimbangkan hakikat tujuan, materi/bahan ajar, dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.
b). Metode
Akhmad Sudrajat (http://www.psb-psma.org). Metode adalah “a way in achieving something” ” (Wina Senjaya (2008). Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Asep Herry Hermawan, dkk (2008: 11.11-11.13, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran). Metode pembelajaran adalah cara dalam menyajikan (menguraikan materi, memberi contoh dan memberi latihan) isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak setiap metode pembelajaran sesuai untuk digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Oleh karena itu sebagai seorang guru haruslah mampu memilih metode yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Ada berbagai metode pembelajaran, yaitu metode diskusi, metode ceramah, metode demonstrasi, metode studi mandiri, metode simulasi, metode latihan dengan teman, metode studi kasus, metode proyek, metode praktikum. Dalam kegiatan pembelajaran guru dapat menggunakan lebih dari satu metode, maksudnya dapat digunakan variasi metode dalam pembelajaran.
Winataputra (2007: 1.2) Kegiatan Pembelajaran pada dasarnya mengacu pada Pendekatan Mengajar, Metode, Materi, Media.
a). Pendekatan Mengajar
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Hermawan, dkk (2008: 1.23) Strategi pembelajaran pada hakikatnya merupakan tindakan nyata dari guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan lebih efesien.
Wina Senjaya (2008) (Akhmad Sudrajat (http://www.psb-psma.org). Menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu: (1) exposition-discovery learning dan (2) group-individual learning (Rowntree dalam Wina Senjaya, 2008). Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something”
Tinggi rendahnya kadar aktivitas belajar siswa banyak dipengaruhi oleh strategi atau pendekatan mengajar yang digunakan. Banyak pendapat mengenai berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam penyampaian materi/bahan ajar. Richard Anderson (Sudjana, 1990) dalam Hermawan, dkk, 2008 mengajukan dua pendekatan, yaitu:
o Pendekatan berorientasi pada guru (teacher centered), Tipe Otokratis
Pendekatan ini biasa disebut sebagai model ekspositori atau model Informasi karena guru lebih dominan.
o Pendekatan berorientasi pada siswa (student centered), Tipe demokratis. Pendekatan ini biasa disebut model Inquiry atau Problem solving karena kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa dan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar-mengajar.
Pemilihan strategi atau pendekatan yang dipilih oleh guru disesuaikan dengan mempertimbangkan hakikat tujuan, materi/bahan ajar, dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.
b). Metode
Akhmad Sudrajat (http://www.psb-psma.org). Metode adalah “a way in achieving something” ” (Wina Senjaya (2008). Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Asep Herry Hermawan, dkk (2008: 11.11-11.13, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran). Metode pembelajaran adalah cara dalam menyajikan (menguraikan materi, memberi contoh dan memberi latihan) isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak setiap metode pembelajaran sesuai untuk digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Oleh karena itu sebagai seorang guru haruslah mampu memilih metode yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Ada berbagai metode pembelajaran, yaitu metode diskusi, metode ceramah, metode demonstrasi, metode studi mandiri, metode simulasi, metode latihan dengan teman, metode studi kasus, metode proyek, metode praktikum. Dalam kegiatan pembelajaran guru dapat menggunakan lebih dari satu metode, maksudnya dapat digunakan variasi metode dalam pembelajaran.
E. Pembelajaran
Berbasis TIK - Teknologi komunikasi dan informasi
(TIK) saat ini memang sudah tak bisa lagi kita pisahkan dari kehidupan manusia
modern. Setiap harinya kehidupan kita selalu dipenuhi dengan
perangkat-perangkat TIK tersebut. Berlatarbelakang hal tersebutlah maka
akhirnya muncul sebuah gagasan dari kalangan yang peduli terhadap kegiatan
pembelajaran yang berlangsung bagi peserta didik di sekolah untuk mencanangkan
sebuah kegiatan pembelajaran berbasis TIK. Seperti
apakah pembelajaran berbasis TIK ini? Nah untuk menambah wawasan yang
anda miliki tentangnya maka tak ada salahnya jika anda membaca ulasan berikut
ini dengan seksama karena di sini saya akan banyak memberikan informasi yang
anda perlukan.
Pertama yang akan kita bahas di sini adalah tentang media pembelajaran berbasis TIK. Media merupakan sebuah perangkat atau alat. Sedangkan pembelajaran memiliki arti sebagai sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik yang dimilikinya. Dengan demikian dapat kita tarik sebuah pengertian mengenaisalah satu model pembelajaran inovatif yang terus dikembangkan tentunya pembelajaran berbasis TIK ini memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah sebagai berikut.
Pertama yang akan kita bahas di sini adalah tentang media pembelajaran berbasis TIK. Media merupakan sebuah perangkat atau alat. Sedangkan pembelajaran memiliki arti sebagai sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik yang dimilikinya. Dengan demikian dapat kita tarik sebuah pengertian mengenaisalah satu model pembelajaran inovatif yang terus dikembangkan tentunya pembelajaran berbasis TIK ini memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah sebagai berikut.
1.
Model
pembelajaran ini lebih menarik karena menggunakan TIK. Hal tersebut
memungkinkan bagi para tenaga pendidik maupun para peserta didik untuk lebih
kreatif dalam menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran yang
menyenangkan.
2.
Dengan
pembelajaran berbasis TIK ini maka kegiatan pembelajaran akan semakin
berkembang. Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini perangkat teknologi ini
terus berkembang, sehingga dengan menyisipkannya dalam kegiatan pembelajaran
maka baik peserta didik maupun tenaga pendidiknya akan sama-sama berjuang untuk
mengikuti perkembangan teknologi yang digunakan.
Dan itulah sedikit ulasan yang dapat saya uraikan pada ulasan kali ini. Semoga beberapa ulasan di atas, dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian, terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar