Total Tayangan Halaman

Minggu, 22 Maret 2015

Sejarah Perkembangan komputer



Sejarah Perkembangan Komputer
Istilah Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut ini contoh penemuan komputer.
-a. Abacus . Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik - manik yang bisa di geser. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat.Muncul sekitar 5.000 Tahun yang lalu di cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunaka biji - bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya. Abacus atau Sempoa

-b. Mesin Buatan Charles Babbage . Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan. mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan. sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah - langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik. Kemudian babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakanoleh wilhem Schickard, blaise pascal, dan gottfried leibniz. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Mesin tersebut dinamakan mesin differensial.Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern. Charles Babbage


*Mesin Analitik (Analitical Engine)
. Setelah Penemuan oleh bapak Charles Babbage, tidak ada penemuan baru yang dianggap berarti terhadap perkembangan dunia komputer. Sampai dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Komputer ini sesungguhnya merupakan dambaan Charles Babbage. Generasi Komputer
Komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.
-a. Komputer Generasi I Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yangf terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.

*Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1.
Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952. Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing - masing yang berbeda yang disebut "Bahasa Mesin"(Machine Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum. 1) Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. 2) Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data. 3) Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin. 4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. 5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage. 6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk. 7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas. 8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin. 9) Prosesnya kurang cepat. 10) Daya simpannya kecil. 11) Membutuhkan daya listrik yang besar.
Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain sebagainya.
Komputer Generasi Kedua Bahasa mesin yang digunakan adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer mampu mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya 2) Menggunakan memori yang cukup besar 3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape 4) Penggunaan aplikasinya lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6) Penggunaan daya lebih kecil 7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.
Beberapa contoh dari komputer generasi kedua adalah IBM 7080, IBM 1400, UNIVAC SS90, UNIVAC III, PDP-1, PDP-8, Burroghts 200, dan lain sebagainya.
Generasi Komputer
Komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.
a. Komputer Generasi I
Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.

Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1.
Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952. Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing - masing yang berbeda yang disebut "Bahasa Mesin"(Machine Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum. 1) Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. 2) Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data. 3) Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin. 4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. 5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage. 6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk. 7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas. 8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin. 9) Prosesnya kurang cepat. 10) Daya simpannya kecil. 11) Membutuhkan daya listrik yang besar.
Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain sebagainya.
b. Komputer Genarasi Kedua
1.  Sejarah Komputer Generasi Kedua
Generasi kedua. Tahun 1948,ada 3 orang fisikawan Amerika (Walter Houser Brattain, Jhone Barden, William Brandford penemu transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. generasi kedua, yaitu komputer yang menggunakan Transistor sebagai Processornya (1956 - 1958 M). Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan
memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, ebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan Transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan , bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Komputer digital yang pertama memiliki ukuran yang besar serta biaya yang tinggi untuk membuatnya. Kegunaan komputer pada generasi ini kebanyakan digunakan untuk perhitungan ilmiah. contohnya ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal).
2.  Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.
Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, transistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
3.  Bahasa Pemrograman Komputer Generasi Kedua
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan FormulaTranslator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa itu.
4.  Sistem Penyimpanan Komputer  Generasi  Kedua
-     Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
-     Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Transistor Dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.
5.   Kelebihan dan Kelemahan Komputer Generasi Kedua
Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah bentuknya yang efisien yang tidak sebesar sebelumnya, komputer dalam generasi ini juga lebih luas penerapannya dalam kehidupan. Seperti aspek pendidikan, kesehatan, industri dan lain-lain. Sedangkan kelemahan dari komputer dimasa ini adalah transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).
Komputer Generasi Kedua
Bahasa mesin yang digunakan adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer mampu mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya 2) Menggunakan memori yang cukup besar 3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape 4) Penggunaan aplikasinya lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6) Penggunaan daya lebih kecil 7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.
Berikut adalah beberapa tips yang harus kita lakukan saat menggunakan komputer agar kesehatan kita terjaga.
posisi pengguna komputer
Mengatur Posisi Duduk
·       Kursi yang kita gunakan jangan kurang dan jangan lebih dari tinggi lutut, agar kita duduknya nyaman, kakinya tidak tergantung dan tidak terlalu kelebihan.
·       Pastikan kursi yang kita pakai membuat telapak kaki kita pas di lantai.
·       Pemilihan kursi yang baik juga harus ada sandaran yang tegak, agar punggung kita bisa tegak dan tulang kita terjaga kesehatannya.
·       Kepala tidak boleh terlalu ke depan maupun ke belakang, harus tegak agar kita nyaman dan punggung kita tidak sakit.
·       Usahakan saat menggunakan komputer badan tetap tegak jangan membungkuk tapi juga jangan terlalu tegang, di buat santai rileks.
·       Ubah posisi duduk kalian jika memang penggunaan komputer terlalu lama.
·       Usahakan juga setiap jam menggunakan komputer di sempatkan untuk istirahat paling tidak 5 hingga 10 menit untuk merenggangkan otot – otot kita.
Mengatur Posisi Monitor
·       Posisikan monitor sejajar dengan mata kita atau lebih bawah dari garis mata kita, agar saat menggunakan komputer kalian tidak terlalu mendongak.
·       Jarak yang baik antara mata dan monitor adalah 50 hingga 60 centimeter.
·       Cahaya monitor tidak terlalu terang dan jangan terlalu gelap, usahakan pas agar tidak merusak mata kita.
·       Letak monitor jangan tepat di pantulan cahaya lampu, yang mana itu membuat mata kita cepat lelah.
Mengatur Posisi Meja Komputer
·       Usahakan letak keyboard membuat tangan kita rileks dan nyaman agar tangan kita tidak cepat capek dan tidak sakit nantinya.
·       Sudut yang harus di buat antara tangan dan keyboard setidaknya 9o derajat, agar mudah dalam mengetik.
·       Meletakkan mouse juga harus sejajar dengan keyboard agar saat kita membutuhkan mouse langsung dapat di gunakan.
·       Hal yang baik dalam mengetik adalah posisi tangan tidak berubah, hanya jari – jari kita yang menjangkau tombol keyboard.
Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan hardware. Sebelum adanya sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombangnya. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying)
Sinyal digital adalah hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner), sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, proses informasinya pun mudah, cepat dan akurat, tetapi transmisi dengan isyarat digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.
Sedangkan secara umum pengertian sistem operasi adalah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan memberikan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber-daya pada sistem komputer

Sistem operasi atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Bagian Sistem Operasi Komputer
Secara umum sistem operasi dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
·       Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
·       Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command prompt pada Windows Xp (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
·       Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
·       Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
·       Driveruntuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
Fungsi Sistem Operasiadalah sebagai penghubung antara lapisan hardwaredan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Contoh Sistem Operasi Komputer
Sebenarnya hingga saat ini sudah banyak sekali yang mengembangkan sistem operasi, baik itu untuk komputer maupun sistem operasi handphone. Seperti yang saat ini sedang naik daun yaitu sistem operasi besutan raksasa search engine dunia Google Inc yaitu Android OS dan pesaingnya Windows OS, MAC OS dan Blackberry OS. Untuk lebih jelasnya berikut Saya sertakan contoh dari sistem operasi.
Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Berdasarkan Letak
Jika dikelompokkan sesuai dengan letaknya, macam-macam perangkat keras komputer terbagi menjadi tiga. Berikut ini daftar lengkapnya :
1. Perangkat Keras Komputer di Luar Casing
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer di Luar Casing
Maksud dari perangkat keras di luar casing yaitu komponen-komponen yang membentuk komputer secara utuh, dan kehadirannya bisa diidentifikasi dengan mudah karena dapat dilihat tanpa perlu membongkar komputer itu sendiri.
Adapun komponen perangkat keras komputer yang termasuk dalam kategori ini yaitu :
·       Monitor
·       Keyboard
·       Mouse
2. Perangkat Keras Komputer di Dalam Casing
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer di Dalam Casing
Maksud dari perangkat keras di dalam casing yaitu komponen-komponen pembentuk komputer yang letaknya tersembunyi karena berada di dalam komputer itu sendiri yang biasanya tertutup dengan rapat. Untuk melihat maupun menyentuh komponen perangkat keras komputer yang masuk dalam kategori ini, biasanya kita diharuskan untuk membongkar casing komputer atau umum disebut dengan ungkapan ‘mempreteli komputer‘.
Adapun komponen perangkat keras komputer yang termasuk dalam kategori ini yaitu :
·       Motherboard (papan utama)
·       Processor
·       Random Access Memory (RAM)
·       Video Graphic Array (VGA)
·       Hard Disk Drive(HDD)
·       Optical Disc Drive
·       Power Supply Unit (PSU)
3. Perangkat Keras Komputer Tambahan
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Tambahan
Maksud dari perangkat keras tambahan yaitu komponen-komponen pendukung komputer yang sifatnya hanya sebagai perangkat tambahan, dimana kehadiran komponen ini tidak terlalu mengikat dan tidak semua orang yang memiliki komputer harus memiliki perangkat ini juga.
Karena sifatnya yang hanya sebagai perangkat pendukung saja, komponen yang masuk dalam kategori ini bukan perangkat utama dan tidak berpengaruh banyak terhadap kinerja dari komputer itu sendiri. Jika tidak dibutuhkan, perangkat keras tambahan ini tidak memberi kontribusi apa-apa terhadap pemilik sebuah komputer, namun jika sangat dibutuhkan maka kehadiran perangkat ini merupakan suatu hal yang wajib.
Pada hakikatnya, komponen perangkat keras komputer yang masuk dalam kategori ini terdiri dari gabungan antara perangkat keras di luar casing dan perangkat keras di dalam casing. Beberapa diantaranya yaitu :
·       Uninterruptable Power Supply (UPS)
·       Printer
·       Scanner
·       Speaker
·       Sound Card (Kartu suara)
·       Modem
·       LAN Card
Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Berdasarkan Fungsinya
Layaknya pekerja kantoran yang kerap bekerja dengan saling menempatkan diri untuk mengisi posisi tertentu dan menjalankan peran yang berbeda-beda antar satu dan lainnya. Begitu pula yang terjadi pada setiap komponen perangkat keras yang tergabung dalam satu unit komputer.
Tiap-tiap komponen memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, dimana kehadiran komponen-komponen tersebut sifatnya saling mengisi dalam proses pengoperasian sebuah perintah/instruksi.
Berdasarkan fungsinya, macam-macam perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input Device (Unit Masukan)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Input Device
Dilihat dari fungsinya, ini merupakan perangkat keras komputer yang memiliki peran untuk memasukkan data yang dapat digolongkan dalam 4 bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol, khusus), image (dalam bentik grafis atau gambar), suara, dan bentuk-bentuk lainnya dari luar ke dalam komputer. Komponen inilah yang bertugas sebagai penerjemah kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, lalu mengirimkan data tersebut ke memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Perangkat keras komputer yang termasuk sebagai input device (unit masukan) antara lain :
·       Gamepad
·       Joystick
·       Keyboard
·       Light Pen
·       Mikrofon
·       Mouse
·       Touchpad
·       Trackball
·       Scanner
·       Web Camera
2. Process Device (Unit Pemrosesan)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Process Device
Perangkat keras komputer berikutnya adalah yang berfungsi sebagai alat proses. Tentu tidak akan ada gunanya khan apabila semua perintah/instruksi yang diberikan pada komputer tidak diproses atau dieksekusi dengan baik ? Karena itulah ada beberapa komponen perangkat keras yang memegang peranan penting ini untuk menjamin semua perintah dapat diteruskan menjadi informasi yang dibutuhkan.
Perangkat keras komputer yang memegang tugas sebagai alat proses disebut dengan nama Central Processing Unit (CPU). Setiap data yang masuk dari input device (unit masukan) serta data-data yang tersimpan di dalam media penyimpanan, semuanya diolah oleh CPU. Seluruh proses seperti perhitungan, pengolahan data, pengolahan gambar, bahkan pengolahan suara ditangani oleh perangkat keras komputer yang satu ini. Perangkat keras inilah yang juga mengatur kerja dari perangkat keras-perangkat keras lainnya seperti printer, mouse, speaker, monitor, keyboard, dan sebagainya. Pada komputer mikro, unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.
Perangkat keras komputer yang termasuk sebagai proses device (unit pemrosesan) antara lain :
·       Kartu Grafis (VGA)
·       Microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan Control Section)
·       Motherboard
·       Power Supply (PSU)
·       Random Access Memory (RAM)
3. Output Device (Unit Keluaran)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Output Device
Jenis perangkat keras komputer berikutnya adalah yang berfungsi sebagai output device (unit keluaran). Bisa dikatakan perangkat ini merupakan kebalikan dari input device (unit masukan), dimana dalam sistem kerjanya bertindak sebagai komponen yang mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU, dengan memanfaatkan suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
Sama seperti input device (unit masukan), perangkat keras komputer yang masuk dalam kategori ini juga memproses data yang terdiri dari 4 bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol, khusus), image (dalam bentik grafis atau gambar), suara, dan bentuk-bentuk lainnya. Hanya saja berbeda dengan input device (unit masukan) yang bersifat sebagai alat untuk memasukkan data, perangkat keras komputer yang bertindak sebagai output device ini justru mengeluarkan seluruh hasil pemrosesan, baik yang berupa fisik ataupun non fisik.
Tiga data yang masuk dalam golongan pertama (tulisan, image, dan suara) adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan data yang masuk dalam golongan terakhir (bentuk-bentuk lainnya) biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Perangkat keras komputer yg termasuk sebagai output device (unit keluaran) antara lain :
·       Monitor
·       Printer
·       Speaker
4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)
Gambar: Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Backing Storage
Seperti yang telah disinggung dalam beberapa poin di atas, ada salah satu komponen perangkat keras komputer yang dalam sistem kerjanya memiliki tugas sebagai media penyimpanan data.
Komponen ini juga biasa disebut dengan istilah memori, dimana fungsi utamanya yaitu sebagai tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Dapat juga dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada sistem komputer. Unit penyimpanan digolongkan menjadi 2 tipe, yaitu storage external memory (media penyimpanan eksternal) dan storage internal memory (media penyimpanan internal).
Perangkat keras komputer yang termasuk dalam storage external memory (media penyimpanan eksternal) yaitu :
·       Magnetic disk (Floppy Disk dan Harddisk)
·       Magnetic Tape
·       Optical Disk (CD/DVD)
·       Removeable hard disk (Zip disk dan Flashdisk)
Sedangkan perangkat keras komputer yang termasuk dalam storage internal memory (media penyimpanan internal) yaitu :
·       ROM (Read Only Memory)
·       RAM (Random Access Memory)
5. Periferal (Unit Tambahan)
Perangkat keras komputer yang satu ini disebut dengan istilah peripheral, komponen tambahan yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menyelesaikan tugas-tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras lainnya yang sudah terpasang di dalam casing.
Biasanya untuk menyambungkan periferal ke komputer harus menggunakan kabel, namun belakangan dengan teknologi yang kian canggih maka juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bluetooth atau wireless.
Perangkat keras komputer yg termasuk sebagai periferal (unit tambahan) antara lain :
·       Capture Card
·       Modem
·       Optical Disc Drive
·       Sound Card (Kartu Suara)
·       TV Tuner Card
·       Uninterruptable Power Supply (UPS)
SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
http://komputerlamongan.com/read/1771/tips-menggunakan-komputer-dengan-sehat/
http://teknodaily.com/macam-macam-perangkat-keras-komputer-berdasarkan-letak-fungsinya/%20%E2%80%8E








































Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat
Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat – Di era modern ini sudah banyak orang yang melakukan aktivitasnya didepan komputer, dari anak-anak, remaja, orang tua, pekerja kantoran, bahkan semua kegiatan pun menggunakan komputer, di sekolah, di mall, dll. Hal ini karena kebutuhan manusia terhadap efisiensi waktu yang sangat tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi, apakah Anda sadar bahwa menggunakan komputer yang salah akan mempengaruhi tubuh Anda seperti leher, kepala, lengan, mata dan punggung. Selain itu menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama dapat berakibat stres fisik dan akhirnya menyebabkan tubuh menjadi cacat.
Tentunya Anda tidak ingin kan hal-hal buruk diatas terjadi pada diri Anda? Yuk kita simak beberapa tips dibawah ini.
Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat
Ciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan tenang
Fator lingkungan sangat penting dan sangat menunjang supaya kegiatan berkomputer Anda terasa nyaman dan tidak terganggu. Jika lingkungan Anda bersih, rapi dan tenang, maka secara otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan pekerjaan didepan komputer. Dan dapat Anda bayangkan jika lingkungan Anda berserakan kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan Anda akan sangat terganggu karena faktor lingkungan sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan.
Perhatikan posisi duduk
Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk, ataupun miring.
Perhatikan posisi monitor
Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan monitor komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
  • Atur posisi sehingga jarak Anda dan monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
  • Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
  • Usahakan posisi monitor sejajar dengan mata.
  • Jika komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).
  • Jagalah agar kondisi layar monitor Anda tetap bersih dari debu.
Posisi mouse dan kerboard yang mudah dijangkau
Menempatkan keyboard dan mouse ditempat yang susah dijangkau hanya akan membuat Anda susah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman, silahkan simak beberapa tips berikut.
  • Letakkan Mouse dan Keyboard tidak jauh dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda dapat lebih rileks.
  • Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.
  • Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.
  • Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
  • Peganglah Mouse dengan santai dan rileks.
Istirahatlah secara periodik
Sangat tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini dapat mengakibatkan badan Anda terasa pegal-pegal dan nyeri pada punggung. Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat mengurangi pegal-pegal dan menambah kenyamanan Anda dalam mengoperasikan komputer.
  • Warm Up (Pemanasan)- Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
  • Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
  • Gerakkan kepala kekiri dan kekanan secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
  • Mengistirahatkan Mata – Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer Anda, lalu lihat tanaman yang berwarna hijau.
Nah itulah tadi beberapa tips menggunakan komputer yang baik dan sehat. Semoga bermanfaat untuk kita semua.







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar